• Save

Istilah Ratiban sering kita dengar dari beberapa kalangan muslim, asalnya dari kata ratib. Tentu agak berbeda artinya antara ratiban dengan ratib. Setidaknya, ratiban itu mengacu kepada suatu acara di mana di dalamnya dibacakan ratib. Lalu kemudian, apa itu Ratib?

Bagi sebagian orang, terutama pegiat tasawuf dan aktivis majelis-majelis habib dan kalangan pesantren terutama, tentu tidak asing lagi dengan ratib. Namun bagi kebanyakan orang, pemahaman tentang ratib masih sangat minim. Tak jarang, pengertian ratib masih simpang siur dan sering tercampur dengan istilah wirid atau zikir yang lazim dan tertuang di kitab-kitab referensi utama dan sebagiannya.

Mengutip Ensiklopedi Islam, dalam istilah tasawuf, kata ratib adalah sejumlah bacaan zikir yang disusun secara khusus oleh guru tarekat atau ulama. Deretan bacaan tersebut diperuntukkan agar dibaca pada waktu-waktu tertentu dengan berbagai aturan yang telah ditunjukkan oleh penyusunnya. Karena itu, ratib sendiri berasal dari bahasa Arab (rataba-yartabu-ratban) yang berarti teratur.
Soal komposisi ratib, sangat beragam sesuai dengan hasil ijtihad dan kontemplasi sang guru. Kecenderungan pemimpin spiritual juga memengaruhi unsur-unsur zikir yang disusun.

Facebook Notice for EU! You need to login to view and post FB Comments!
  • Save

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *